Ini Dia Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Kita

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu Jahe juga sering digunakan sebagai bahan utama dalam hidangan minuman hangat, contohnya susu jahe, wedang ronde/ jahe, dan sekoteng.tidak hanya itu jahe juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal/tradisioanal.Tidak hanya jahe biasa yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal, jehe merah juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal/tradisional bagi masyarakat.

Sekilas Tentang Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu jenis dari jahe-jahean, jahe merah memiliki karateristik yang berbeda dengan jahe yang lainya. Jahe merah atau zingiber officinale van. rubrum mempunyai kulit yang berwarna kemerah-merahan dan bagian dalam berwarna merah muda hingga kuning, berbeda dengan jahe biasa.

Jahe merah mempunyai ukuran lebih kecil dari jahe biasanya. Selain itu jahe merah juga mempunyai rasa dan kandunganya pun berbeda. Jahe merah ini memiliki rasa yang lebih pedas dan lebih pahit dari jahe biasanya.

Jahe merah banyak ditemukan di asia tenggara. Termasuk indonesia. Banyak orang yang memanfaatkan jahe merah sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jahe merah mempunyai kandungan yang sangat banyak seperti flavonoid, agen anti peradangan, gingerol, agen anti bakteri, dan lain-lain. Yang memberi dampak positif bagi kesehatan.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Jahe merah mempunyai kandungan bahan aktif yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh anda. Berikut manfaat jahe merah untuk kesehatan :

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Ekstrak minyak jahe merah mampu melindungi sistem pencernaan anda dari berbagai bakteri, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah pencernaan, seperti sakit perut. Agen anti bakteri yang terkandung pada jahe merah mampu melawan bakteri jahat seperti staphylococcus aureus, escherichia coli, dan salmonella enteriditis.

Apabila ditambahkan didalam makanan, jahe dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami dan juga dapat mencegah anda dari keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri. Kehangatan yang diberikan oleh jahe juga dapat membantu menenangkan pencernaan anda, selain itu juga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi flu dan pilek.

2. Membantu Mengatasi Radang Otot

Dari berbagai kandungan jahe yang bertindak sebagai antiperadangan sehingga dapat membantu anda melawan peradangan kronis maupun akut. Komponen aktif pada jahe seperti gingerdione, gingerol dan zingeron dapat membantu menghambat enzim lipoksigenase dan siklookgenase.

Sehingga dapat menurunkan prostagladin dan leukotrien sebagai pemicu peradangan. Jahe merah juga mengandung oleoresin lebih tinggi dibandingkan dengan jahe biasanya. Dimana oleoresin juga bisa bekerja sebagai anti peradangan.

3. Membantu Meningkatkan Kesuburan Pria

Jahe mempunyai kandungan antioksidan dan mempunyai aktivitas androgenik. Jadi, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa jahe merah dapat membantu meningkatkan jumlah hormon testoren sehingga dapat membantu meningkatkan kesuburan pria.

4. Meringankan Batuk

Kandungan yang terdapat pada jahe merah dapat membuat otot di area tenggorokan menjadi lebih rileks. Tidak hanya itu, jahe merah juga memberikan kehangatan di sekitar tenggorokan. hal tersebut yang dapat menjadikan jahe merah sebagai obat batuk. Selain untuk mengobati batuk, jahe merah juga dapat mengobati radang pada tenggorokan.

5. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit, kita harus meningkatkan kekebalan tubuh atau imun/imunitas. Jika tubuh kita kuat, maka bakteri atau virus secara tiodak langsung akan mudah ditangkal oleh tubuh kita. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda bisa meminum jahe secara rutin, karena jahe berfungsi sebagai antioksidan.

6. Dipercaya Dapat Membantu Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau sering dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang banyak diderita di Indonesia, khususnya untuk usia 40 keatas. Tidak banyak orang yang tahu ternyata kandungan jahe merah dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu, banyak disebutkan di berbagai media, jahe merah merupakan salah satu diantara banyak bahan makanan penurun tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan yang bisa kita ambil dalam kehidupan sehari – hari. Tentu saja hendaknya dilakukan penelitian yang lebih detail lagi mengenai bagaimana cara mengkonsumsinya dan berapa dosis dan aturan konsumsi jahe merah ini. Sekian, semoga bermanfaat !

Baca juga : Kandungan dan manfaat labu siam untuk kesehatan

Related Posts

About The Author

Add Comment