Mengenal Macam Perangkat Keras Komputer & Fungsinya

Dalam dunia Komputer, perangkat keras atau hardware merupakan komponen fisik yang membentuk sebuah system komputer. Hardware memiliki sifat yang berbeda dengan software, hardware dapat dilihat, diraba dan berbentuk nyata. Sedangkan Software tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur dalam computer yang berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

Jenis-jenis hardware pada komputer tidak hanya dilihat dari bagian dalam computer, namun seluruh komponen perangkat yang mendukung kinerja komputer. Perangkat keras komputer terbagi menjadi empat bagian, yaitu perangkat masukan (input), perangkat keluaran (output), perangkat pengolah data(prosesor), dan perangkat aksesoris.

Perangkat masukan berfungsi untuk menginput data agar dapat masuk ke dalam computer. Perangkat masukan computer contohnya yaitu mouse, keyboard, scanner dan webcam. Data yang telah masuk melalui perangkat keras masukan, lalu diolah dengan perangkat pengolah data, seperti CPU atau processor yang didukung oleh motherboard. Setelah diolah, kemudian computer akan menghasilkan keluaran dari perangkat keras output seperti monitor, speaker dan printer.

Macam Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Selain perangkat input-processor-output, didalam perangkat keras computer juga terdapat perangkat aksesoris yang dapat mendukung kinerja computer. Contohnya seperti LAN Card, Harddisk, Memory Card, Card Reader, dan sebagainya. Beberapa macam perangkat keras computer beserta fungsi lainnya yaitu sebagai berikut :

1. Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen computer, seperti processor, harddisk, RAM, dan lain sebagainya. Dinamakan motherboard karena merupakan induk rangkaian sebuah komputer. Beberapa jenis motherboard memiliki nomer seri yang disesuaikan dengan pin seri processor tertentu.

2. Processor

Processor merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah system computer. Processor atau CPU (Central Processing Unit) biasa disebut sebagai otak pada sebuah computer, CPU bertugas untuk melakukan perhitungan maupun memerintah program yang akan dijalankan oleh computer. Processor pada dasarnya ,berfungsi untuk memproses inputan data menjadi keluaran berupa output.

3. Hard Disk

Hard disk atau hard disk drive (HDD) merupakan perangkat keras computer yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Didalam sebuah harddisk, terdapat lebih dari satu piringan yang berfungsi untuk menampung data-data secara magnetis.

4. PC Cooler/Heatsink

PC Cooler/Heatsink merupakan perangkat computer yang berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan oleh computer. PC Cooler/heatsink dipasang diatas processor dan diberi gel/pasta agar heatsink bisa terpasang dengan baik dan agar proses pendinginan panas yang dihasilkan oleh computer dapat berlangsung secara optimal.

5. Monitor

Monitor merupakan perangkat keras computer yang tergolong ke dalam perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa grafis.

6. SSD

SSD atau Solid State Drive merupakan inovasi terbaru dari pendahulunya yaitu harddisk. SSD merupakan media penyimpanan didalam komputer yang menggunakan jenis memory solid state untuk penyimpanan datanya. SSD memiliki fungsi yang sama seperti harddisk, namun agak sedikit berbeda.

Data yang ada pada SSD akan disimpan pada chip-chip memori flash yang saling terhubung. Chip-chip memiliki kecepatan dan reliabilitas yang lebih tinggi dari UFD (USB Thumb Drive). Dalam segi harga, SSD memiliki harga yang lebih mahal daripada HDD meskipun kapasitas penyimpanannya sama.

7. VGA Card

VGA (Video Graphic Adapter) adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data grafik yang akan ditampilkan oleh monitor. VGA juga memiliki processor yang biasa disebut dengan GPU (Graphic Processing Unit).

8. Power Supply

Power Supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mensuplay daya ke komponen-komponen lainnya seperti motherboard, processor, VGA, dll. Power Supply bisa dibilang sebagai jantung computer, karena jika komputer tidak ada power supply maka mustahil jika computer bisa hidup.

9. RAM

Random Aces Memory (RAM) merupakan perangkat keras komputer yang berperan dalam membantu pemrosesan. Yakni bertugas untuk menyimpan daftar antrian perintah yang diinputkan oleh user melalui keyboard, mouse dan perangkat input lainnya. RAM merupakan salah satu komponen yang cukup berperan dalam kecepatan kerja komputer. Oleh sebab itu, salah satu cara meningkatkan kinerja komputer bisa dilakukan dengan menambah kapasitas RAM.

Dengan mengenal macam – macam perangkat keras komputer dan juga fungsinya, ada manfaat yang bisa kita peroleh. Utamanya jelas akan menambah pengetahuan kita tentang komputer. Ke dua minimal kita mengetahui apa yang ada di dalam CPU atau komputer yang setiap hari kita gunakan. Sekian, semoga bermanfaat.

About The Author

Add Comment