Rokok Bahaya Bagi Tubuh

Merokok sudah menjadi hal yang biasa dari sebagian pria, bahkan remaja pun banyak yang sudah merokok. Merokok adalah sumber dari munculnya berbagai pernyakit, rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Nikotin pada rokok menyebabkan adiksi atau kecanduan. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas, menurut penelitian bahwa kebiasaan merokok dapat meningkatnya resiko penyakit jantung, impotensi, kanker laring, kanker paru-paru, dan masih banyak lainya.

Bahaya Dari Sebatang Rokok Mengandung:

  • Karbon Monoksida

Zat ini bisa mengikat diri pada hemoglobin dalam darah secara permanen, sehingga menghalangi suplai oksigen keseluruh tubuh.

  • Tar

Tar akan mengendap di paru-paru dan berdampak negatif pada kinerja rambut kecil yang melapisi paru-paru. Jika perokok aktif, tentu dapat membuat penumpukan tar dalam paru-paru semakin menggunung.

  • Benzene

Jika Zat ini terserat tubuh maka bisa merusak sel pada tingkat genetik. Zat ini merupakan karsinogen atau zat penyebab kanker yang sangat mematikan.

  • Aseton

Ketika tubuh menghirup zat aseton ini bisa maka dapat menyebabkan penyakit kulit dan gangguan otak yang sangat berbahaya.

  • Gas Oksidan

Gas oksidan ini bisa bereaksi dengan oksigen, jika gas ini terdapat dalam tubuh maka bisa meningkatkan stroke dan serangan jantung.

 

5 Penyakit akibat rokok

1. Kanker Paru-paru

Merokok merupakan faktor utama terkena kanker paru-paru. Sebanyak 87% kematian disebabkan oleh kanker paru-paru, angka kematian yang disebabkan oleh kanker paru-paru lebih banyak dibandingkan dengan kanker lainnya.

2. Jantung

Organ tubuh lainnya yang dapat rusak akibat rokok yaitu jantung. Merokok meningkatkan kematian penyakit jantung dan pembuluh darah. Sebanyak 60% penyakit jantung disebabkan karena merokok, kebiasaan merokok dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan diarteri.

3. Stroke

Merokok dapat menyebabkan penyakit stroke. Hal tersebut dikarenakan merokok memengaruhi pembuluh darah. Stroke terjadi karena suplai darah keotak sementara berhenti. Stroke dapat menyebabkan kelumpuhan, perubahan fungsi otak, susah berbicara,dan kematian.

4. Hipertensi

Kandungan nikotin dalam rokok bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan keras karena penumpukan plak yang kering. Kondisi ini membuat jantung memompa lebih berat dan memicu tekanan darah tinggi.

5. Gangguan Kesuburan

Asap rokok menyebabkan gangguan kesuburan baik pada laki-laki maupun perempuan. Asap rokok pada laki-laki menyebabkan testis tak dapat menghasilkan sperma dengan baik, pada perempuan asap rokok menyebabkan indung telur tidak dapat mengeluarkan sel telur pada waktunya sehingga kesuburan terganggu.

 

Itu dia bahaya merokok, mulailah hidup sehat tanpa rokok dan anda akan terhindar dari bahaya penyakit tersebut. Demi kesehatan diri anda berhentilah merokok dan cobalah hidup sehat tanpa rokok!! Sekian

Baca Juga:Mau Berhenti Merokok? Ini Dia Kuncinya

Related Posts

About The Author

Add Comment